Samsung hadirkan bentuk Smartphone lipat

"Samsung Smartphone "
Setelah bertahun-tahun rumor dan spekulasi, Samsung akhirnya mengungkapkan konsep ponsel  dapat dilipat.
Samsung memamerkan Infinity Flex Display selama konferensi pengembang tahunan di San Francisco pada hari Rabu. 
Dalam demo singkat di SDC, Samsung mendemonstrasikan teknologi layar fleksibel baru yang akan memungkinkan telepon lipat yang masih tanpa nama. Perusahaan itu mengatakan itu menyamarkan beberapa elemen dari desain ponsel, tetapi masih melihat jelas pada ponsel yang melipat dari ukuran tablet kecil ke ponsel berukuran saku.
"Infinity Flex mewakili lompatan terbesar ke depan dalam teknologi tampilan seluler dalam dekade terakhir. Kami akan siap memulai produksi massal dalam beberapa bulan mendatang," kata SVP dari Pemasaran Produk Seluler Justin Denison. Dan diharapkan dapat diluncurkan pada 2019.
Layar terbuat dari jenis bahan baru (terdiri dari "polimer komposit") Samsung mengatakan itu dibuat khusus untuk perangkat lipat. Itu bisa dilipat "ratusan ribu kali" tanpa rusak, kata Denison. 
Saat dilipat, Infinity Flex Display berukuran 7,3 inci dan dapat mendukung hingga tiga aplikasi berjalan sekaligus. Tapi itu juga bisa digunakan secara normal ketika dilipat dalam ukuran yang lebih kecil. Dan Anda akan dapat bergerak mulus di antara kedua layar saat menggunakan aplikasi hanya dengan membuka perangkat.



Samsung Infinity Flex Display dilipat.
Samsung Infinity Flex Display.
Gambar: samsung

Masih banyak pertanyaan yang belum dijawab oleh Samsung tentang ponsel ini. Yakni, seperti apa bentuknya sebenarnya, apa yang akan dipanggil, dan berapa biayanya. Denison menjelaskan perangkat keras yang didemonstrasikan di atas panggung pada Rabu adalah perangkat keras prototipe yang dimaksudkan untuk memamerkan teknologi layar, bukan seperti apa produk akhir itu nantinya.
Pengungkapan ini muncul pada saat minat ponsel yang dapat dilipat sedang memanas. Perusahaan Cina Royole baru saja meluncurkan Smartphone lipat seharga $ 1.300 atau sekitar Rp.19.000.000 bernama FlexPai. Huawei juga mengatakan bahwa Smartphone itu sudah bisa beroperasi pada ponsel 5G yang dapat dilipat.
Mungkin pertanyaan yang lebih penting bukanlah kapan ponsel ini akan diluncurkan, tetapi jika akan ada perangkat lunak yang diperlukan untuk membuatnya layak, pembuat ponsel akan membutuhkan pengembang untuk membuat aplikasi yang dioptimalkan untuk telepon yang dapat dilipat ini. 
Pada catatan itu, Samsung dan lainnya mendapat kabar baik. Google mengumumkan bahwa Android akan mendukung ponsel yang dapat dilipat dan memudahkan pengembang untuk menyesuaikan aplikasi mereka. Berbicara di Google Dev Summit Android, VP teknik untuk Android, David Burke, menegaskan Google sedang bekerja untuk menambahkan dukungan untuk ponsel yang dapat dilipat ke Android.



"Simulasi Smartphone lipat dari Google"
Gambar: google

"Kami meningkatkan Android untuk memanfaatkan faktor bentuk baru ini dengan sedikit kerja yang diperlukan dari Anda," katanya kepada pengembang yang hadir. "Ini adalah konsep yang menarik dan kami berharap dapat melihat produk yang dapat dilipat dari beberapa produsen Android. Bahkan, kami sudah bekerja sama dengan Samsung pada perangkat baru yang rencananya akan diluncurkan awal tahun depan."
Samsung juga membuat emulator tersedia bagi para pengembang sehingga mereka dapat mengoptimalkan aplikasi menjelang peluncuran ponsel.

Post a Comment

0 Comments